Wednesday, 1 October 2014

SENYAWA-SENYAWA KIMIA YANG ADA DILAUT

SENYAWA-SENYAWA KIMIA YANG ADA DILAUT

[Advertisement]
[Advertisement]

Baca Juga

SENYAWA-SENYAWA KIMIA YANG ADA DILAUT

Apa kabar sahabat semua dan saya harap semua dalam keadaan sehat dan dapat menjalankan aktivitasnya. Kali ini Materi Perkapalan akan berbagi artikel SENYAWA-SENYAWA KIMIA YANG ADA DILAUT. Artikel ini merupakan salah satu tugas yang pernah diberikan oleh dosen mata kuliah Oseanografi. Begitu penting kita ketahui senyawa kimia apa saja yang ada dilaut, untuk lebih lanjut silahkan sahabat simak.

SENYAWA-SENYAWA KIMIA YANG ADA DILAUT

Ahli geologi Macintyre : bahwa pada bagian lapisan kulit bumi yang terdapat dibawah permukaan laut akan selalu mengeluarkan air biasa orang sebut dengan kata “Air Juvenile”. Adapun pengertian dari Air Juvenile adalah air yang sebelumnya belum pernah dalam keadaan bentuk cair. Air Juvenile yang di keluarkan oleh lapisan kulit bumi mengandung unsur kimia. Adapun unsur kimia yang dikandung adalah sebagai berikut :
  • Khlor (Cl)
  • Brom (Br)
  • Yod (I)
  • Karbon (C)
  • Boron (B)
  • Nitrogen (N) dan Lain sebagainya.
selain mengandung unsur kimia ternyata ada proses pengikisan batuan terjadi di daratan, dan memberikan  unsur-unsur seperti :
  • Natrium (Na)
  • Magnesium (Mg)
  • Kalsium (Ca) serta unsur lainnya kedalam laut.
Elemen kimia yang terdapat di alam berjumlah 105 dan 57 elemen diantaranya terdapat dilaut. Adapun Elemen-elemen kimia yang ada dilaut umumnya dalam bentuk terlarut.
Elemen-elemen kimia dikelompokan dalam 3 bagian sebagai berikut :
1. Kelompok elemen kimia utama (major elements)
elemen kimia utama terdapat dilaut dalam kadar yang besar, yaitu terdapat jumlah lebih dari 31,67 mg elemen dalam 1 liter air laut  (21,5 g/l.)
Nama-nama elemen Kimia Utama Yaitu:
  • Khlor (Cl) 89.500.000 ton/mil³ air laut
  • Natrium (Na) 49.500.000 ton/mil³ air laut
  • Karbon (C1) 32.000 ton/mil³ air laut
2. Kelompok elemen kimia tambahan (minor elements)
kelompok ini terdapat dalam kadar yang lebih kecil dibandingkan dengan kelompok elemen kimia utama dan elemen kimia ini disebut elemen tambahan atau minor elemen. Yang mempunyai Kadar laut  antara 5,52 mg sampai 0,079 mg yang terdapat dalam satu liter air laut. DiKarenakan kadar begitu relatip kecil sehingga elemen ini mudah lenyap dari perairan laut. Elemen ini mudah lenyap disebabkan proses penyerapan oleh partikel-partikel ataupun organisme yang hidup dilaut.
Nama-nama elemen Tambahan Utama Yaitu:
  • Boron (B) 23.000 ton/mil³ air laut
  • Silikon (Si) 14.000 ton/mil³ air laut
  • Flour (F) 6.100 ton/mil³ air laut
  • Argon (Ar) 2.800 ton/mil³ air laut
  • Nitrogen (N) 2.400 ton/mil³ air laut
3. Kelompok elemen kimia jarang (Trace Elements)
elemen jarang atau “Trace Element”. Kelompok elemen yang ini terdapat di laut dalam dan mempunyai kadar yang sangat kecil sekali dibandingkan dengan kelompok yang lain diatas. Kadar elemen kimia jarang ini mempunyai nilai antara 67.18 µg sampai 0,024 µg dalam 1 liter air laut.
Nama-nama elemen Jarang Utama Yaitu:
  • Yod (I) 280 ton/mil³ air laut
  • Barium (Ba) 140 ton/mil³ air laut
  • Besi (Fe) 47 ton/mil³ air laut
OKSIGEN merupakan gas yang tidak berwarna, tidak berbau serta tidak berasa. Oksigen ini mengisi 20% dari udara yang kita hirup. Oksigen tergabung oleh sebagian besar unsur-unsur lain untuk membentuk oksida. Sehingga Oksigen begitu sangat penting untuk Mahkluk hidup seperti manusia, hewan dan tumbuhan.

NITROGEN Merupakan gas yang tersedia di alam namun tidak memiliki sifat merusak. Sebagai contoh dari nitrogen adalah Udara yang kita hirup sehari-hari. Sekktar 78% Nitrogen yang ada di udara. Unsur Oksigen kurang dari 20% dan sisanya adalah uap air, CO2 dan konsentrasi gas mulia seperti argon dan neon.

SILIKON merupakan polimer non organik yang bervariasi  dari cairan, gel, karet dan sejenis plastik keras. karakteristik khusus silikon: Tidak bisa menghantarkan listrik, tidak berbau, berwarna, kedap air, tidak rusak akibat bahan kimia, tahan dalam suhu tinggi.

Karbon dioksida (CO2) merupakan gas yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak mudah terbakar. Karbon dioksida didapatkan karena dilepaskan oleh jaringan ke darah yang kemudian dihembuskan oleh paru-paru dalam pertukaran dengan oksigen.

Mungkin itu yang dapat disampaikan pada artikel SENYAWA-SENYAWA KIMIA YANG ADA DILAUT. Dan berharap setelah membaca artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan kita ilmu atau menambah ilmu pengetahuan tentang senyawa kimia. Terima kasih
[Advertisement]

Related Posts

SENYAWA-SENYAWA KIMIA YANG ADA DILAUT
4/ 5
Oleh

4 komentar

3 October 2014 at 13:19 delete

ternyata senyawa senyawanya banyak juga yah gan :D

Reply
avatar
3 October 2014 at 17:58 delete

oksigen yang ada dilaut itu berasal darimana mas gan. ?

Reply
avatar
7 October 2014 at 19:10 delete

Gan, itu cara ngecek nya gimana ya ? apa ada alat nya atau gimana ?

Reply
avatar
7 October 2014 at 19:17 delete

Wah ni yg harus kita tau , setidaknya kalau di tnya nnti tau

Reply
avatar