Saturday, 26 October 2013

MACAM PELABUHAN

MACAM PELABUHAN

[Advertisement]
loading...

Baca Juga

MACAM-MACAM PELABUHAN

Pelabuhan adalah tempat yang terdiri atas daratan atau perairan dengan batasbatastertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan pengusahaan yangdipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, naik turun penumpang, dan/ataubongkar muat barang, berupa terminal dan tempat berlabuh kapal yang dilengkapidengan fasilitas keselamatan dan keamanan pelayaran dan kegiatan penunjangpelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra-dan antarmoda transportasi.

MACAM PELABUHAN

Adapun fungsi dari pelabuhan sebagai berikut

  • Gateway
    Pelabuhan berfungsi sebagai gateway atau pintu gerbang dari suatu negara atau daerah dimana pelabuhan tersebut berlokasi.Konsep pelabuhan sebagai gateway ini dapat merupakan :
    Pelabuhan sebagai satu-satunya pintu masuk atau keluarnya barang sebagai komoditi dari / ke suatu negara atau daerah, dalam hal ini pelabuhan memegang peranan sangat penting bagi perekonomian negara atau daerah tersebut. Data UNCTAD menunjukan bahwa sebesar 85 % pangsa muatan transportasi dunia dikapalkan melalui pelabuhan laut. Pelabuhan sebagai pintu gerbang, maka kapal-kapal asing yang memasuki pelabuhan tersebut terkena peraturan perundang- undangan dari negara atau daerah dimana pelabuhan tersebut berada, seperti : ketentuan-ketentuan pabean, imigrasi, karantina, peraturan operasional yang berlaku di pelabuhan bersangkutan (port regulation), prosedur pelayanan kapal, dan prosedur lainnya.
  • Interface
    Pelabuhan sebagai titik singgung atau tempat pertemuan dua moda atau sistem transportasi yaitu transportasi laut dan transportasi darat termasuk angkutan sungai ( inland wateways ). Ini berarti pelabuhan harus menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan jasa yang dibutuhkan untuk perpindahan barang dari kapal ke moda angkutan darat, atau sebaliknya.
  • Link
    Pelabuhan sebagai salah satu mata rantai dari sistem transportasi. Sebagai mata rantai transportasi, pelabuhan tidak terlepas dari mata rantai transportasi lainnya baik dilihat dari kinerja maupun dari segi biaya sangat mempengaruhi tingkat efisiensi dan menentukan tingkat biaya transportasi secara keseluruhan.
  • Industrial entity
    Dimungkinkan juga sebagai prasarana guna menunjang dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan perkembangan industri dari daerah yang menjadi hinterland dari pelabuhan.

Persyaratan pelabuhan sebagai berikut :

Untuk bisa memberikan pelayanan yang baik dan cepat, maka pelabuhan harus bisa memenuhi persyaratan berikut ini :
  1. Harus ada hubungan antara transportasi air dan darat seperti jalan kereta api dan jalan raya agar lebih mudah dalam pengankutan
  2. Pelabuhan berada dilokasi yang mempunyai daerah belakang yang subur dengan penduduk yang banyak
  3. Pelabuhan harus mempunyai kedalaman air dan lebar alur yang cukup
  4. Pelabuhan harus mempunyai fasilitas bongkar muat kapal dan gudang penyimpanan barang
  5. Pelabuhan harus mempunyai fasilitas untuk merepasi kapal.
Terima Kasih Semoga Bermanfaat by Materi-Perkapalan
[Advertisement]

Related Posts

MACAM PELABUHAN
4/ 5
Oleh

2 komentar

30 October 2013 at 18:30 delete

wah dapat ilmu baru nich tentang pelabuhan. izin nyimak untuk belajar ya ^^

Reply
avatar
2 November 2013 at 09:55 delete

makasih atas kunjungannya semoga setelah berkunjung ilmunya tentang perkapalan bertambah

Reply
avatar